Mengembalikan rundll32.exe dan explorer.exe yang Hilang

Task Manager

Panik karena file Rundll.exe dan explorer.exe hilang???? Sama dong….  :-)

Begini ceritanya,,,, Siang tadi, saya dimintai tolong bagaimana cara menggunakan sebuah program yang kebetulan program tersebut masih Trial sehingga fasilitasnya tidak full. Akhirnya saya coba2 masuk di 4share dan indowebster untuk mencari Crack atau program yang sudah full. Ketika mau mengunduh, ternyata Internet Download Manager (IDM)-nya tidak bisa buat mengunduh karena belum register. Akhirnya saya putuskan untuk mengunduh crack idm terlebih dahulu.

Setelah selesai mengunduh Crack-IDM, kemudian saya coba untuk men-crack IDM yang sudah terinstal. Ternyata malah antivirus yang terinstall pada laptop tersebut memunculkan peringatan bahwa file tersebut mengandung virus. Informasi tersebut memunculkan hasil 2 file dan 2 registry terinfeksi virus. Tanpa melihat file apa yang terinfeksi, saya putuskan untuk menghapus 2 file tersebut. Dan kemudian saya menghapus juga file Crack-IDM tersebut. Selesai…. Pikir saya.

Kemudian karena saya butuh untuk membuang/uninstall sebuah program, saya masuk ke Control panel, Add/Remove Program. Ternyata malah muncul peringatan “Windows cannot find C:/Windows/Rundll32.exe. Make sure you typed the name correctly and try again”. Haduh,,,, saya agak panik. Ternyata virus yang tadi saya hapus sudah menempel ke file rundll32.exe dan ketika saya hapus, file  rundll32.exe juga ikut terhapus.

Sepengetahuan saya, file rundll32.exe tersebut adalah file sistem operasi yang berhubungan dengan shutdown windows (lengkapnya saya kurang tahu…. :-) ). Kemudian untuk mengeceknya, saya coba saya restart laptop tersebut. Ternyata bisa restart, akan tetapi masalahnya adalah laptop tidak bisa menampilkan windows. Hanya berhenti sampai muncul gambar background, tanpa ada start-menu, taksbar, systray, bahkan Icon di Desktop pun tak muncul. Saya coba menekan tombol Windows yang ada di keyboard, juga tidak muncul start menu. Menekan Windows+E juga tidak memunculkan windows explorer. Kemudian saya restart dengan paksa (menekan tombol power beberapa saat). Setelah itu saya coba masuk windows lagi, tapi kali ini saya pilih “safe mode” dengan menekan tombol F8 pada saat booting. Ternyata sama saja. Sistem tidak bisa menampilkan desktop. Pikir saya, sistem operasinya sudah rusak dan harus insul alias install ulang.

Akhirnya, laptop itu saya bawa ke meja saya untuk saya install ulang dengan segala resikonya (termasuk driver yang tidak ada). Ketika saya memulai menginstall windows, ternyata malah muncul bluescreen. Bertambah paniklah saya.

Kemudian iseng2 saya coba untuk memakai CD Hiren’s boot, kemudian masuk ke “Mini Windows” yang ada pada CD tersebut. Setelah masuk ke mini windows, saya cek apakah ada file rundll di direktori C:/Windows dengan fasilitas search. Ternyata ada tapi ada berada di direktori C:/windows/system32/dllcache. Dalam kepanikan itu, saya coba browsing2 tentang tempat asal rundll.exe (tentunya menggunakan laptop yang lain J ). dan ternyata, menurut blog yang saya baca, file rundll.exe berada di direktrori C:/windows/system32. Kemudian saya kopi-kan rundll.exe yang berada di C:/windows/system32/dllcache ke direktori C:/windows/system32. Kemudian saya pastikan bahwa bahwa file itu sudah benar2 di kopi.

Setelah itu laptop saya restart, dan masuk ke windows normalnya. Ternyata masih sama seperti yang tadi. Yaitu hanya berhenti sampai munculnya background tanpa adanya komponen dekstop yang lain. Kemudian saya coba restart pake Ctrl-Alt-Del. Hasilnya…. Eh,,, malah masuk Task Manager. Nah pada saat itulah muncul ide untuk mengecek proses yang berjalan di windows tersebut. Dan setelah beberapa saat membolak-balik halaman/tab Processes, saya baru sadar bahwa explorer.exe tidak berjalan. Hahah,,,,, baru inget kalau yang bertanggung jawab atas munculnya desktop dan jendela windows explorer itu adalah file explorer.exe.

New Task Manager

Sadar akan hal tersebut, kemudian saya coba untuk menjalankan file explorer.exe dengan menekan tombol New Task pada Task Manager, kemudian mengetikkan explorer.exe. hasilnya, muncul kotak dialog yang menginformasikan bahwa file explorer.exe tidak ditemukan. Saya cek kembali sintaks/kata explorer.exe-nya. Kemudian saya ulangi, hasilnya tetap sama.

Berdasarkan pengalaman yang tadi (mengembalikan rundll32.exe), maka saya restart kembali laptonya, kemudian masuk ke mini windows-nya Hiren’s Boot untuk kesekian kalinya. Dan kemudial saya cari kembali file explorer.exe di direktori C:/Windows. Dan ternyata ada direktori yang sama dengan yang tadi. Yaitu di C:/Windows/system32/dllcache. Kemudian saya kopi-paste-kan file explorer.exe tersebut ke asalnya, yaitu di C:/Windows.

Setelah semua dianggap beres, waktunya untuk restart dan masuk ke windows normalnya. Dan hasilnya,,,,, TARAAAAAAAAAA,,,,, Akhirnya windows kembali normal….. :-) .

Untuk memastikan bahwa laptop sudah bena2 normal, kemudian saya coba jalankan start menu, windows explorer, msconfig dll, dsb, dst. Ternyata masih ada sedikit eror, namun menurut saya bukan lantaran kasus yang tadi, melainkan settingan aplikasi yang sudah terinstall di laptop. Setelah merasa cukup normal, maka saya kembalikan laptop ke pemiliknya sambil senyum2 puas…. Haha…. Silahkan dicoba….

Catatan: Maaf kalau misalnya ada keterangan tentang file2 yang salah,,, maklum, baru belajar :-) . Yang mau ngasih saran, akan sangat saya hargai.

Terima kasih.

Blog yang saya kunjungi untuk keperluan repair diatas:

http://dedepurnama.blogspot.com/2010/12/apa-itu-rundll32exe-dan-bagaimana-cara.html

http://rahmabasel.blogspot.com/2010/07/explorerexe-hilang-atau-tidak-berfungsi.html

Magelang, 25 Mei 2011

Kharis Al Faqier

About these ads

About Kharis Al Faqir

An Ordinary Man.

Posted on 25 Mei 2011, in Komputer and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 8 Komentar.

  1. apakah bisa dari cara di atas dibuat menjadi satu program aplikasi. sehingga saya bisa hanya dengan mengklik ganda ( double click ) file tersebut ckukukukuku…..

    • wisanggenicyber

      One way solutions. Good Idea….
      masalahnya mau di klik dimana??? wong windowse ga bisa dibuka :-) . kecuali dijadikan aplikasi bootable, itu baru yahud….
      bisa saja dibuat yang kayak gitu… tp nanti dolo…. belum mandi je…. hihihi.

  2. wah, blog baru ni pak….. ^^

    • wisanggenicyber

      Ga juga… sebenere dibuat okt 2008 (lihat post 1 (hello word) dan 2 (perkenalan)), tp ga penah diurusi, baru bulan april yang lalu tergerak untuk memanfaatkannya lagi.

      site-mu (fitrin.com) kq ga aktif??? expired ya???

  3. sukmayana sindika

    maaf mengganggu om..seandainya cd hiren boot saya tidak punya bagaimana?mohon pencerahannya

  4. kk klo \
    Expoler.exeku udah di situ.. dll nya di pindah juga g ?

  5. bingung banget narasinya bos….

  6. cra kopi filenya gmna?

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 507 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: